Jumat, 27 Juli 2012

kegagalan pembangunan ekonomi timor leste

 hingga 1975,timor leste adalah koloni portugis . pada 2006, pertempuran faksi antara tentara dan polisi menewaskan puluhan orang didili dan menyebabkan 150 ribu tunawisma.
pemerintah runtuh dan krisis politik mengikuti , memaksa penjaga perdamaian PBB kembali datang dan memulihkan ketertiban.
kini republik muda ini menemukan sejumlah alasan untuk bersorak. tetapi jika review bank dunia bisa dipercaya, seharusnya ada kredit kecil untuk kemajuan timor leste .

pemerintah jos xanana gusmao, pahlawan yang menjadi perdana manteri melakukan pengeluaran besar-besaran . ia membelanjakan US$450 juta untuk grid nasional dan pembangkit listrik , kontrak untuk jalan, jembatan ,peralatan pertanian , meningkatkan pensiun untuk orang tua dan veteran., serta pengeluaran lain yang menurut prioritasnya penting untuk pertumbuhan dan pembangunan.


timor leste menjadi negara ketiga didunia dengan tingkat kekurangan gizi anak teringgi .
negara ini juga memiliki salah satu tingkat tertinggi pertumbuhan penduduk , seperti sub-sahara afrika dan afghanistan , sehingga akan menjadi penduduk muda untuk waktu lama.

 http://ekonomi.inilah.com/read/detail/1451942/URLTEENAGE

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar